Sunday, September 10, 2017

Memilih

"Bagaimana mungkin aku beralih setelah semua perjuangan yang aku lakukan selama ini?"
"Tapi itu lucunya hidup bukan, kau tidak pernah tahu mana jalan yang terbaik. Kau mungkin saja merasa pilihan yang kini terbuka dihadapanmu sebagai sebuah distorsi atas jalan hidup yang selalu kau bayangkan, tapi siapa tahu keseluruhan hidupmu diperuntukan untuk saat ini, agar kau siap. Pada akhirnya, hidup itu bukan tentang bagaimana kau diberi kesempatan tapi tentang bagaimana kau memilih diantara kesempatan-kesempatan yang ada."
"Entahlah ..."
"Kau pernah jatuh cinta kemudian putus?"
"..."
"Bisa saja proses itu kau perlukan dalam hidupmu untuk menjadi lebih baik. Kau bahkan mungkin belajar hal-hal baru ketika bersamanya, hal-hal yang tetap kau tekuni meski tidak lagi bersamanya. Pada saat putus, kau mungkin merasa duniamu hancur, tapi mungkin itu cara hidup menjagamu agar kau memiliki kemampuan tertentu yang membuatmu berkembang."
"Kau membuatnya terdengar seperti relasi ekonomi, untung dan rugi."
"Tiap relasi dibangun berdasarkan perhitungan, sekurang-kurangnya tentang kerelaan untuk berbagi ruang pribadimu dengan orang lain, tapi arah argumenku lebih tentang masa depan. Apa yang kau anggap sebagai distorsi bisa terlihat sebagai sebuah skenario sempurna di masa depan. Kau membutuhkan tiap kepingan-kepingan hidup untuk menjadi dirimu yang utuh di masa depan."
"Seperti irisan-irisan dari masa lalu yang belakangan ini kau alami?"
"Iya seperti itu. Kau tidak pernah tahu bagaimana hal-hal random di masa lalu memiliki peran di masa depan. Everything happens for a reason."

3 comments:

Imron Rosidin said...

What if in a context you are just an option for someone to be relevant or irrelevant?

https://imronrosidin.wordpress.com/2017/06/18/s03e16/

Yuti Ariani said...

bisa nyambung gitu

Diego said...

"Bisa saja proses itu kau perlukan dalam hidupmu untuk menjadi lebih baik. Kau bahkan mungkin belajar hal-hal baru ketika bersamanya, hal-hal yang tetap kau tekuni meski tidak lagi bersamanya. Pada saat putus, kau mungkin merasa duniamu hancur, tapi mungkin itu cara hidup menjagamu agar kau memiliki kemampuan tertentu yang membuatmu berkembang.".. deep

De-taming

"... What does that mean-- 'tame'?" asked the Little Prince. "It is an act too often neglected," said the fox. ...