Thursday, April 14, 2016

Bimbang

Aku : Aku menyukainya ...
Dia : Tapi ...
Aku : Kenapa harus ada tapi?
Dia : Karena wajahmu sendu ketika mengucapkannya dan itu berarti kau tidak menyukai fakta bahwa kau menyukainya.
Aku : Entahlah, aku bimbang. Tiap kali bertemu dengannya aku merasakan kupu-kupu di perutku tapi aku tidak bisa membayangkan masa depan bersama dengannya.
Dia : Karena ...
Aku : Mungkin karena aku tidak suka dengan hubungan jarak jauh, mungkin karena aku harus selalu berusaha untuk menebak-nebak apa yang diinginkannya atau mungkin karena aku bosan dalam ketidakjelasan.
Dia : Tapi kau sendiri yang bilang dengan bertanya kau jadi lebih memiliki suara.
Aku : Kau benar tapi seperti yang kau tahu, bertanya tak pernah menjadi kekuatanku. Aku merasa aku harus berubah terlalu banyak dan itu menghabiskan energiku.
Dia : Kau ingin seseorang yang bisa membaca pikirinmu ...
Aku : Kau tahu kan lingkunganku ...
Dia : Dan kau mau selamanya dimanja?
Aku : Entahlah. Aku merasa disatu sisi aku mandiri, kemandirian itu membuatku mampu berpetualang sendiri. Di tempat baru hal yang perlu kau lakukan adalah bersikap menyenangkan dan kau akan baik-baik saja. Kau bisa merasa terikat dengan seseorang tapi seiring berjalannya waktu akan ada orang-orang lain yang mengisi ruang itu. Di sisi lain, pada saat aku membuka diriku pada orang lain, aku jadi bergantung padanya. Jadi kalau ada seseorang yang menginginkan sisi mandiriku, satu-satunya cara adalah dengan tidak menjadikannya sebagai bagian dari hidupku.
Dia : Paradoks.
Aku : Mungkin paradoks bukan kata yang tepat. Aku lebih suka melihatnya sebagai proses untuk mencari kesetimbangan antara dirimu yang mandiri dan dirimu yang bergantung. Tak ada formula universal untuk itu, Dan satu-satunya cara adalah dengan menjalaninya.
Dia : Dan dari wajahmu yang sekarang, kau lebih cenderung ke dirimu yang mandiri?
Aku : Iya.

No comments:

The Extra Mile

The difference between good and great is the extra mile. Doing things even when it is not requested  because you care. So when people asked ...